Jumat, 27 Mei 2011

Jika File atau Folder Superhidden Tidak bisa Dilihat

Artikel ini hanya ditujukan untuk windows yang sudah bebas dari virus dan sudah bisa memasuki Registry. 
Superhidden adalah istilah untuk file atau folder yang ketika di klik kanan dan properties, opsi hidden -nya tidak bisa otak-atik alias mati. Seperti file boot.ini yang ada di Drive C-nya Windows XP. 
Biasanya, file atau folder superhidden bisa dilihat dengan cara :
  1. Buka Folder Options
  2. Klik View
  3. Klik pilihan Show Hidden Files and Folder
  4. Buang tanda ceklis pada Hide Protected Operating System Files (Recommended)
  5. Klik Ok
Namun ternyata dengan cara tersebut masih saja belum bisa dilihat. Hal ini disebabkan karena virus telah memanipulasi Folder Options agar mematikan fungsi Hide protected operating system files (recommended) . 
Dan tentu saja manipulasi ini dilakukan melalui Registry . Lebih jelasnya pada ruang :HKEY_LOCAL_MACHINE\Software\Microsoft\Windows\Curr ent Version\Explorer\Advanced\Folder\Superhidden 
Yakni dengan memberi nilai pada key value UncheckedValue . 
Seharunya key value tersebut wajib bernilai , agar ketika kita membuang tanda ceklis pada Hi ProtectedOperating System Files (Recommended) yang ada di Folder Options dapat memberikan efek. 
SOLUSISebagai solusinya, buka regedit dan masuk ke ruang yang saya sebut diatas. Kemudian ubah nilaiUncheckedValue dari menjadi .Kemudian coba buka Folder Options . Dan lihat hasilnya. Jika ternyata belum memberikan efek, sebaiknya anda LogOff dulu dan LogOn ulang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar